Pelatihan Media Digital

Departemen Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta menggelar pelatihan Liveworksheet dan Quizizz khusus bagi mahasiswa terpilih yang mengikuti program magang pada Rabu 2 Agustus 2023. Pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan dalam pelaksanaan Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) yang berjudul "Modul Ajar dan Media Digital Berorientasi pada Kemampuan Literasi sebagai Pengembangan TPACK Guru Matematika SMA Sleman".

Sebanyak 16 mahasiswa Pendidikan Matematika antusias berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan dari Ibu Endah Retnowati selaku Ketua PKM yang sekaligus menjabat sebagai Korprodi Pendidikan Matematika. Beliau menyampaikan tentang pengantar mata kuliah yang berjudul “Kajian Matematika Sekolah Menengah 2 dan Media Pembelajaran Matematika Interaktif".

Mahasiswa kemudian terlibat aktif dalam sesi praktik pelatihan liveworksheet dan quizziz. Workshop pelatihan liveworksheet.com dibimbing oleh Ronaliawati, mahasiswa S2. Kegiatan diakhiri dengan mengerjakan quiz dan membuat media digital Quizziz yang dibimbing oleh Pratama Wahyu Purnama.

Tujuan dilaksanakannya pelatihan ini adalah untuk mempersiapkan mahasiswa memiliki kemampuan menggunakan modul ajar dan media digital yang berorientasi pada kegiatan PKM, sehingga mahasiswa dapat mengaplikasikan kemampuannya dalam mendampingi Bapak dan Ibu guru dalam kegiatan magang yang telah dicanangkan.

(IZ)