Capaian Pembelajaran Lulusan

Program Studi S1 Pendidikan Matematika memuat rumusan capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang harus dicapai oleh mahasiswa setelah menyelesaikan seluruh proses pendidikan pada Program Studi S1 Pendidikan Matematika. CPL ini disusun berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti), serta mempertimbangkan kebutuhan kompetensi profesional calon pendidik matematika. CPL mencakup aspek sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus yang menjadi landasan dalam pengembangan kurikulum, perangkat pembelajaran, serta penilaian capaian mahasiswa.

Sikap
CPL 1. Menunjukkan sikap profesional, etis, dan bertanggung jawab baik sebagai individu maupun warga negara.
CPL2.  Bersikap adaptif dan inovatif dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebutuhan peserta didik.

Keterampilan Umum
CPL 3. Menguasai secara komprehensif berbagai konsep matematika sekolah dan matematika lanjut.
CPL 4. Menguasai prinsip pedagogi didaktik dan psikologi kognitif dalam pembelajaran matematika untuk memahami cara berpikir dan karakteristik peserta didik.

Pengetahuan
CPL 5. Menguasai kurikulum pendidikan matematika yang berlaku, baik nasional maupun internasional, serta mampu menyesuaikannya dengan kebutuhan peserta didik dan perkembangan zaman.
CPL 6.  Mampu berpikir kritis, kreatif, dan solutif dalam menyelesaikan masalah serta mengadaptasi perkembangan global dalam dunia pendidikan matematika.

Keterampilan Khusus
CPL 7.   Mampu berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tulisan, dalam menyampaikan konsep matematika dan strategi pembelajaran kepada peserta didik, rekan sejawat, dan masyarakat
CPL 8.   Mampu bekerja sama dalam tim multidisiplin dan menunjukkan kepemimpinan serta keterampilan manajerial dalam pengelolaan pembelajaran, pengembangan kebijakan pendidikan, serta manajemen institusi pendidikan.
CPL 9.     Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika berbasis teori pedagogi didaktik dan psikologi kognitif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik.
CPL 10. Mampu mengembangkan dan memanfaatkan teknologi pembelajaran, seperti media manipulatif, media interaktif, pembelajaran berbasis digital, serta kecerdasan buatan dalam pendidikan matematika
CPL 11.   Mampu menganalisis kesulitan belajar matematika pada peserta didik dan merancang strategi intervensi yang tepat berdasarkan pendekatan psikologi kognitif.
CPL 12.   Mampu melakukan inovasi dalam pembelajaran matematika melalui penelitian dan pengembangan model pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan perkembangan zaman.