- Bahasa Indonesia
- English
Kurikulum
KURIKULUM PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pada tahun 2019 - 2022 S1 Prodi Pendidikan Matematika menerapkan dua kurikulum, yaitu Kurikulum 2014 (bagi mahasiswa angkatan 2014, 2015, 2016, 2017, dan 2018) dan Kurikulum 2019 (bagi Angkatan 2019), serta kurikulum 2020 (bagi mahasiswa angkatan 2020 sampai saat ini). Perbedaan antara kedua kurikulum tersebut terletak pada jumlah beban sks, perubahan mata kuliah, dan distribusi mata kuliah. Jumlah beban sks untuk Kurikulum 2014 adalah 144 sks sedangkan untuk Kurikulum 2019 terdiri dari 146 sks. Sedangkan, pada Kurikulum 2020 mensyaratkan jumlah minimal sebesar 147 sks.
KURIKULUM 2014
Kurikulum Prodi Pendidikan Matematika terdiri atas 144 sks yang mencakup 134 sks mata kuliah wajib dan 10 sks mata kuliah pilihan. Mata kuliah pilihan ini terdiri atas mata kuliah pilihan kependidikan matematika sebesar 4 sks dan mata kuliah matematika sebesar 6 sks. Mata kuliah-mata kuliah tersebut dikategorikan menjadi sebagai berikut.
-
- Mata Kuliah Umum di tingkat universitas sebesar 20 sks dan tingkat fakultas sebesar 2 sks,
- Mata Kuliah Dasar Kependidikan sebesar 8 sks,
- Mata Kuliah Prodi sebesar 114 sks.
Kurikulum dapat diunduh, klik di sini
KURIKULUM 2019
Kurikulum Prodi Pendidikan Matematika terdiri atas 144 sks yang mencakup 134 sks mata kuliah wajib dan 12 sks mata kuliah pilihan. Mata kuliah pilihan ini terdiri atas mata kuliah pilihan kependidikan matematika sebesar 6 sks dan mata kuliah matematika sebesar 6 sks. Mata kuliah-mata kuliah tersebut dikategorikan menjadi sebagai berikut.
-
- Mata Kuliah Umum di tingkat universitas sebesar 20 sks dan tingkat fakultas sebesar 2 sks,
- Mata Kuliah Dasar Kependidikan sebesar 8 sks,
- Mata Kuliah Prodi sebesar 116 sks.
Kurikulum dapat diunduh, klik di sini
KURIKULUM 2020
Kurikulum 2020 dikenal dengan kurikulum Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Struktur kurikulum dikembangkan sesuai dengan Peraturan Rektor No. 7 Tahun 2020. Secara ringkas, kurikulum ini menerapkan tiga pola, dimana mahasiswa mendapat kesempatan lebih lebar untuk mengambil perkuliahan di luar program studi. Sesuai dengan sebaran SKS, maka secara struktur, mata kuliah yang ditawarkan pada Prodi S1 Pendidikan Matematika, dapat diklik di sini.
MATA KULIAH | SKS MINIMAL |
UNIVERSITER (MKU)* | 22 |
DASAR KEPENDIDIKAN (MDK) | 8 |
FAKULTER (FMI) | 4 |
DASAR KEILMUAN (MAA) | 51 |
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PMA) | 38 |
PRAKTIK PEMBELAJARAN MIKRO DAN KEPENDIDIKAN | 8 |
PILIHAN PENDIDIKAN MATEMATIKA (TERSEDIA 20 SKS) | 4 |
WAJIB AMBIL DI LUAR PRODI** | 12-20 |
*Termasuk mata kuliah KKN (6 sks) dan MKU pilihan untuk FMIPA (2 sks)
**Sesuai pola MBKM yang diambil, mahasiswa merencanakan jumlah SKS yang ditempuh dengan konsultasi Pembimbing Akademik
KURIKULUM 2022
Kurikulum 2022 merupakan penyempurnaan dari kurikulum Merdeka Belajar - Kampus Merdeka tahun 2020. Struktur kurikulum dikembangkan sesuai dengan Peraturan Rektor No. 7 Tahun 2020 dan diperkuat dengan SK Dekan No B/93.1/UN.34.13/HK.03/2022 tentang Kurikulum Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Kurikulum ini masih tetap menerapkan tiga pola, dimana mahasiswa mendapat kesempatan lebih lebar untuk mengambil perkuliahan di luar program studi bahkan di luar Universitas. Kurikulum selengkapnya Prodi S1 Pendidikan Matematika 2022, dapat diunduh di sini.
Filosofi Pendidikan UNY
Pengembangan nilai-nilai dasar yang menjadi acuan UNY berlandaskan filosofi pendidikan yang beragam yaitu pendidikan berupaya mengembangkan potensi peserta didik, pendidikan berupaya melatih berpikir rasional menuju cita-cita, pendidikan berupaya mengacu pada nilai luhur, pendidikan berupaya mencerahkan, dan pendidikan berupaya mengembangkan kemampuan peserta didik untuk menghadapi perubahan. UNY menerapkan pendekatan eklektif-inkorporatif dalam membangun filosofinya. Dengan demikian, penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat di UNY berlandaskan pada filosofi Pancasila.
Landasan pedagogis menjadi dasar bagi pengembangan proses pembelajaran agar pembelajaran lebih aktif, interaktif, inovatif, inspiratif, menyenangkan, efektif, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk mengembangkan seluruh potensi komprehensif mereka agar menjadi tenaga pendidik maupun pengembang ilmu pendidikan dan keguruan yang kreatif, inovatif, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, serta cendekia.
Semua kegiatan tridarma perguruan tinggi UNY, yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, diarahkan pada pengembangan manusia Indonesia seutuhnya, serta memperbaiki praktik kehidupan masyarakat Indonesia. Baik darma pendidikan, penelitian, maupun pengabdian pada masyarakat diupayakan selaras dengan perkembangan masyarakat, sehingga kerja sama dengan berbagai kelompok masyarakat merupakan keniscayaan bagi UNY. Selain itu, agar skala kemanfaatan UNY menjadi lebih luas, akhlak, moralitas, kemampuan diri, kebenaran, dan jati diri ke-Indonesia-an merupakan saripati nilai dasar yang diacu oleh UNY dalam mengembangkan dirinya sebagai UKKD. Pengembangan nilai-nilai dasar, agar menjadi karakter dan tercermin dalam kepribadian sivitas akademika UNY, disemangati dengan motto “leading in character education”.
Filosofi Prodi S1 Pendidikan Matematika
Sejalan dengan visi universitas, Prodi S1 Pendidikan Matematika UNY menerapkan filosofi Pendidikan “belajar aktif berdasar pada pendidikan karakter”. Dalam hal ini karakter meliputi nilai-nilai dasar, yaitu takwa, mandiri, dan cendekia, kreatif, dan inovatif. Proses belajar aktif ditujukan untuk mengembangkan ketakwaan, kemandirian dan kecendekiaan mahasiswa seiring dengan proses mereka dalam mengkonstruksi pengetahuan secara aktif menghasilkan pemikiran yang kreatif dan inovatif. Proses belajar aktif ditempatkan pada pandangan sosial-konstruktivis yang menekankan pada belajar melalui interaksi sosial sehingga berkontribusi pada pengembangan sikap empati, menghargai, dan tanggung jawab.
Copyright © 2024,