Kurikulum

KURIKULUM PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA

KURIKULUM 2022

Kurikulum 2022 merupakan penyempurnaan dari kurikulum Merdeka Belajar - Kampus Merdeka tahun 2020. Struktur kurikulum dikembangkan sesuai dengan Peraturan Rektor No. 7 Tahun 2020 dan diperkuat dengan SK Dekan No B/93.1/UN.34.13/HK.03/2022 tentang Kurikulum Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Kurikulum ini masih tetap menerapkan tiga pola, dimana mahasiswa mendapat kesempatan lebih lebar untuk mengambil perkuliahan di luar program studi bahkan di luar Universitas. Kurikulum selengkapnya Prodi S1 Pendidikan Matematika 2022, dapat diunduh di sini

KURIKULUM 2025

Pengembangan   Kurikulum  UNY  2025  dilakukan  berdasarkan  hasil  evaluasi secara  komprehensif  dari  penerapan  Kurikulum  UNY  2020  seiring  dengan berbagai tuntutan perubahan akibat  akselerasi perubahan yang begitu cepat dalam  berbagai konteks. Pengembangan  kurikulum juga  merujuk  berbagai perubahan regulasi nasional meliputi: Undang-Undang Sistem Pendidikan Tinggi, Kerangka  Kualifikasi Nasional Indonesia, dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Pengembangan kurikulum juga merujuk kepada pencapaian visi maupun program  prioritas pengembangan UNY.

Kurikulum Prodi S1 Pendidikan Matematika 2025, dapat diunduh di sini

Kelompok Matakuliah dan SKS


 

Filosofi Pendidikan UNY

Pengembangan nilai-nilai dasar yang menjadi acuan UNY berlandaskan filosofi pendidikan yang beragam yaitu pendidikan berupaya mengembangkan potensi peserta didik, pendidikan berupaya melatih berpikir rasional menuju cita-cita, pendidikan berupaya mengacu pada nilai luhur, pendidikan berupaya mencerahkan, dan pendidikan berupaya mengembangkan kemampuan peserta didik untuk menghadapi perubahan. UNY menerapkan pendekatan eklektif-inkorporatif dalam membangun filosofinya. Dengan demikian, penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat di UNY berlandaskan pada filosofi Pancasila.

Landasan pedagogis menjadi dasar bagi pengembangan proses pembelajaran agar pembelajaran lebih aktif, interaktif, inovatif, inspiratif, menyenangkan, efektif, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk mengembangkan seluruh potensi komprehensif mereka agar menjadi tenaga pendidik maupun pengembang ilmu pendidikan dan keguruan yang kreatif, inovatif, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, serta cendekia.

Semua kegiatan tridarma perguruan tinggi UNY, yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, diarahkan pada pengembangan manusia Indonesia seutuhnya, serta memperbaiki praktik kehidupan masyarakat Indonesia. Baik darma pendidikan, penelitian, maupun pengabdian pada masyarakat diupayakan selaras dengan perkembangan masyarakat, sehingga kerja sama dengan berbagai kelompok masyarakat merupakan keniscayaan bagi UNY. Selain itu, agar skala kemanfaatan UNY menjadi lebih luas, akhlak, moralitas, kemampuan diri, kebenaran, dan jati diri ke-Indonesia-an merupakan saripati nilai dasar yang diacu oleh UNY dalam mengembangkan dirinya sebagai UKKD. Pengembangan nilai-nilai dasar, agar menjadi karakter dan tercermin dalam kepribadian sivitas akademika UNY, disemangati dengan motto “leading in character education”.

Filosofi Prodi S1 Pendidikan Matematika

Sejalan dengan visi universitas, Prodi S1 Pendidikan Matematika UNY menerapkan filosofi Pendidikan “belajar aktif berdasar pada pendidikan karakter”. Dalam hal ini karakter meliputi nilai-nilai dasar, yaitu takwa, mandiri, dan cendekia, kreatif, dan inovatif. Proses belajar aktif ditujukan untuk mengembangkan ketakwaan, kemandirian dan kecendekiaan mahasiswa seiring dengan proses mereka dalam mengkonstruksi pengetahuan secara aktif menghasilkan pemikiran yang kreatif dan inovatif. Proses belajar aktif ditempatkan pada pandangan sosial-konstruktivis yang menekankan pada belajar melalui interaksi sosial sehingga berkontribusi pada pengembangan sikap empati, menghargai, dan tanggung jawab.