Mathematics Anxiety “VP Bersama Paul Ginns #4”

Selasa, 9 Mei 2023 merupakan perkuliahan terakhir dalam rangkaian visiting professor bersama Associate Professor Paul Ginns. Paul Ginns membawakan perkuliahan dengan tema mathematics anxiety. Mathematics anxiety (MA) adalah perasaan cemas, tegang, takut yang muncul ketika berhubungan dengan matematika. Hal tersebut akan mengganggu siswa dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

Paul ginns lebih lanjut menjelaskan bahwa Keberadaan MA perlu diperhatikan karena cukup mempengaruhi proses pembelajaran. Siswa yang mengalami kecemasan matematika akan menunda proses pembelajaran matematika, menghindari kelas matematika, tidak terlalu berusaha dalam menyelesaikan permasalahan matematika, hingga menghindari apapun yang memiliki hubungan dengan matematika. Beliau memberikan berbagai data penelitian yang mendukung setiap pernyataannya.

Lebih lanjut lagi, Mathematics anxiety akan menghasilkan kegagalan dan pengalaman yang negative. Kegagalan dan pengalaman negative akan mengakibatkan siswa mengalami kecemasan matematika. Dengan kata lain, kecemasan dan pengalaman akan kegagalan membentuk lingkaran yang tak berujung apabila kecemasan tersebut tidak diperhatikan dalam proses pembelajaran. Sumber dari munculnya kecemasan siswa terhadap matematika bisa berasal dari factor genetika, pengalaman dari rumah terkait dengan matematika, bahkan guru matematika.

Perkuliahan berlangsung selama 90 menit, dimulai pada pukul 07:30 WIB dan berakhir pada 09:00 WIB. Peserta perkuliahan meliputi jenjang S2 hingga S3, dari program studi Pendidikan matematika hingga psikologi. Paul Ginns menutup dengan memberikan kesempatan bertanya, namun dikarenakan waktu yang terbatas, hanya sedikit pertanyaan yang dapat dilakukan.

(PW)