Skripsi Sulit itu Biasa

Pada 4 Maret 2023, Sabtu pagi di awal bulan Maret, workshop percepatan penyusunan skripsi sebagai upaya mencapai masa studi ideal untuk Pendidikan Matematika angkatan 2020 mencapai puncaknya. Workshop kali ini menghadirkan pembicara yang berfokus dalam memberikan materi terkait menelusuri referensi, melakukan sintesis, dan strategi motivasi menyelesaikan skripsi. Pembicara pertama yakni Ibu Wahyu Setyaningrum S.Pd., M.Ed., Ph.D., memulai sesi pertama pada pukul 07:00 WIB. Beliau memaparkan seluk beluk terkait referensi secara mendalam. Dimulai dari filosofi dan definisi dari referensi, hingga memaparkan berbagai jenis referensi yang bisa digunakan dalam pembuatan skripsi. Ibu Wahyu memberikan bagaimana cara membuat sintesis serta menjelaskan bagaimana membuat definisi operasional dari sebuah variabel penelitian. Tidak hanya memberikan contoh, beliau juga mengajak mahasiwa langsung praktik dalam mencari referensi jurnal berputasi yang sesuai minat mahasiswa.

Menyambung perkuliahan sesi pertama, pembicara kedua membuka sesi kedua tepat setelah pembicara pertama selesai. Sesi kedua difokuskan untuk memberikan motivasi-motivasi kepada para mahasiswa agar membakar semangat mereka dalam menyelesaikan tugas akhirnya sebagai mahasiswa jenjang sarjana. Beliau adalah Dr. Djamilah Bondan Widjajanti M.Si. Dosen yang akrab dipanggil dengan sebutan Bu Djamilah maupun Bu Bondan ini mengawali karirnya sebagai dosen sejak tahun 1986. Banyaknya garam kehidupan serta pengalaman dari beliau semakin menguatkan motivasi yang diberikan. Pemberian motivasi diselingi dengan cerita pengalaman dari mahasiswa yang pernah dibimbing beliau maupun pengalaman pribadi beliau ketika menjadi mahasiswa dahulu. Salah satu motivasi yang membuat mahasiswa tidak menyerah adalah “Mungkin skripsi sulit untuk diselesaikan, namun bukan berarti hal tersebut mustahil untuk dilakukan”. Pada akhir sesi, beliau berharap kepada seluruh peserta workshop agar menyelesaikan tugas akhir dengan dirinya sendiri, bukan dengan menggunakan joki yang akan disesali di kemudian hari.

Berakhirnya materi dari Ibu Bondan menandakan berakhir pula runtutan kegiatan workshop percepatan masa studi mahasiswa. Kegiatan workshop ini diharapkan dapat membuka wawasan mahasiswa dalam menyelesaikan Skripsinya dengan baik tanpa lebih dari 8 semester. Mahasiswa diminta membuat dua judul skripsi sebagai bentuk follow up dari kegiatan ini. (PW)

Label Berita: