KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM) PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY DENGAN SEKOLAH INDONESIA JEDDAH (SIJ) #2

Pada hari Sabtu, 09 September 2023 dilaksanakan kembali program pengabdian masyarakat Prodi Pendidikan Matematika UNY dan Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ). Agenda pengabdian masyarakat yang di moderator oleh Nila Mareta Murdiyani, S.Pd., M.Sc. ini berjudul “Pengembangan TPACK Guru Sekolah Indonesia Jeddah Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Berorientasi Pada Kemampuan Literasi Dan Numerasi”. Terdapat empat ranah pembahasan yang cukup mendalam, yakni media pembelajaran literasi/numerasi, tutorial Quizizz, tutorial liveworksheets.com, dan diskusi parallel mengenai pembelajaran literasi dan numerasi.

Materi pertama yaitu media pembelajaran literasi dan numerasi di bersamai oleh Ibu Endah Retnowati, Ph.D yang sekaligus ahli Cognitive Load Theory di Indonesia. Beliau menyampaikan urgensi pemahaman peserta didik tentang pentingnya literasi dan numerasi. Hal tersebut berdampak pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah, mengambil keputusan, menghasilkan kreasi, dan menjadi generasi yang menjaga lingkungan secara berkelanjutan. Selain itu, dijabarkan juga metode pembelajaran menurut Ki Hajar Dewantara dalam Bahasa jawa yaitu Niteni (Mengamati), Nirokke (Rekonstruksi dari hasil pengamatan) dan Nambahi (Proses eksplorasi menjadi pengalaman baru). Metode tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu pegangangan dan pedoman guna menciptakan media pembelajaran.

Materi kedua dibersamai oleh Yanuar. H, M.Pd., yakni tutorial membuat asesmen menggunakan quizizz. Quizizz dapat mempermudah guru dalam memberi ujian, latihan soal, dan/atau kuis kepada peserta didik dengan layout yang menarik. Beliau menjabarkan setiap menu yang ada serta mendampingi guru dalam praktikum menggunakan platform quizizz.

Pratama Wahyu. P., M.Pd. meneruskan tutorial setelah materi quizizz. Materi yang disampaikan merupakan tutorial membuat LKPD digital menggunakan platform online yakni livewroksheets.com. Liveworksheet memiliki bebrapa keunggulan untuk proses pembelajaran. Platform ini menjadikan media pembelajaran lebih interaktfif. Selain itu, platform ini dapat memberikan penialaian secara otomatis yang tentunya akan memudahkan guru dalam meninjau kemampuan dari siswa. Sangat disayangkan bahwasanya materi yang diberikan hanya 30 menit. Hal tersebut berimbas pada kurang mendalamnya kajian serta praktik dari setiap fitur yang disediakan oleh platform liveworksheets.com.

Agenda selanjutnya yaitu presentasi oleh mahasiswa magang PKM terkait media pembelajaran literasi dan numerasi. Guna menjalankan agenda lebih efektif, room zoom di breakaout menjadi 4 room. Setiap room terdiri dari dua mahasiswa yang akan presentasi dengan dibimbing satu dosen dalam menjelaskan media pembelajaran yang telah disiapkan. Peserta diperbolehkan untuk sharing atau berdiskusi pada room zoom.

Kegiatan yang dilakasanakan dua kali ini terlihat antusias serta keaktifan peserta selama kegiatan berlangsung. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya pertanyaan dan diskusi yang seru bersama narasumber kegiatan ini. (MA)