Bahasa Indonesia
English
WEBINAR SERIES #4 2025 Sinergi Matematika dan Teknologi untuk Pembelajaran Abad 21

Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta sukses menyelenggarakan Webinar Series #4 Tahun 2025 pada Sabtu, 27 September 2025, dengan tema “Sinergi Matematika dan Teknologi untuk Pembelajaran Abad 21”. Acara ini dibuka secara resmi oleh Dr. Kuswari Hernawati, S.Si., M.Kom., yang dalam sambutannya menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman pendidik dalam memanfaatkan teknologi secara tepat guna, sekaligus memastikan bahwa peran matematika tetap relevan dan kontekstual dalam menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21.
Pemateri pertama, Bapak Tommy Tanu Wijaya, M.Ed., Ph.D., memaparkan materi berjudul “Latent Profile Analysis of AI Literacy and Trust in Mathematics Teachers and Their Relations with AI Dependency and 21st Century Skills”. Beliau menekankan pentingnya literasi kecerdasan buatan (AI) tanpa memperkuat ketergantungan terhadap teknologi dan mendorong proyek kolaboratif yang menggabungkan penyelesaian masalah dengan dan tanpa bantuan AI. Dengan demikian, integrasi teknologi dapat lebih seimbang dan tidak mengurangi keterampilan berpikir kritis maupun kreativitas siswa.
Sementara itu, Dr. Muhammad Irfan, M.Pd., sebagai pemateri kedua, menyampaikan materi “Dampak Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika”. Beliau menekankan bahwa teknologi kini menjadi bagian penting dalam pembelajaran matematika modern, namun penggunaannya tetap perlu memperhatikan aspek pedagogis dan didaktis. Dr. Irfan mengingatkan bahwa pemanfaatan teknologi yang berlebihan justru berpotensi mengurangi esensi berpikir matematis, sehingga guru harus bijak dalam memilih, merancang, dan mengintegrasikan teknologi sesuai kebutuhan pembelajaran.
Webinar yang dipandu oleh Ibu Rofi Amiyani, M.Pd., berlangsung interaktif dengan antusiasme tinggi dari para peserta. Sesi tanya jawab membuka ruang diskusi yang kaya mengenai tantangan dan peluang integrasi teknologi dalam pendidikan matematika. Melalui kegiatan ini, Departemen Pendidikan Matematika FMIPA UNY berharap dapat memperluas wawasan akademik, menginspirasi praktik pembelajaran inovatif, serta memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kualitas pendidikan matematika di Indonesia pada era digital.
Copyright © 2025,