Bahasa Indonesia
English
WEBINAR SERIES #5 2025 Integrasi STEM dan Deep Learning: Strategi Penguatan Kurikulum Matematika Kontekstual dan Bermakna

Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta sukses menyelenggarakan Webinar Series #5 2025. Webinar kali ini dilaksanakan pada Sabtu, 25 Oktober 2025 dengan tema Integrasi STEM dan Deep Learning: Strategi Penguatan Kurikulum Matematika Kontekstual dan Bermakna
Acara dibuka oleh Ibu Dr. Kuswari Hernawati, S.Si., M.Kom. beliau menyampaikan tujuan adanya Webinar Series #5 ini untuk mewujudkan pembelajaran matematika yang lebih kontekstual, bermakna, dan berorientasi pada penguatan karakter serta kompetensi abad 21. Pembicara pertama oleh Ibu Uki Rahmawati, S.Pd., M.Pd. menyampaikan materi dengan topik “Integrasi STEM & Deep Learning dalam Pembelajaran Matematika dari Teori ke Praktik Kontekstual”. Dalam paparannya, beliau menjelaskan bahwa pembelajaran STEM menekankan keterpaduan lintas disiplin ilmu untuk membangun pemahaman yang lebih utuh pada peserta didik. Praktik saintifik dan desain engineering yang menjadi bagian dari tahapan STEM berperan penting dalam mendukung berbagai aspek pembelajaran, mulai dari kerangka dan prinsip pembelajaran, pengalaman belajar siswa, hingga penguatan dimensi profil lulusan.
Sesi pertama berlangsung selama 45 menit. Setelah itu, panitia mengajak peserta untuk mengikuti kuis interaktif ice breaking untuk menenangkan otak. Peserta yang hadir sangat antusias mengikuti kuis interaktif yang di pandu oleh Tim Teknis Webinar Series #5. Tak lupa dibagikan hadiah menarik bagi tiga peserta terpilih yang menjawab dengan benar.
Setelah ice breaking narasumber kedua Prof. Dr. Sugiman, M.Si., membawakan materi dengan topik “Dari Konteks ke Komputasi: Strategi Integrasi STEM Berkonteks Modern Culture dalam Pembelajaran Matematika”. Beliau menekankan pentingnya mengaitkan pembelajaran STEM dengan konteks budaya modern. Salah satu contoh penerapan yang disampaikan adalah proyek pembangunan kota modern, seperti pembuatan miniatur flyover yang mengintegrasikan fungsi kuadrat sebagai unsur matematikanya. Melalui kegiatan tersebut, siswa tidak hanya memahami konsep matematika secara teoritis, tetapi juga mampu menerapkannya dalam situasi nyata
Webinar yang dipandu oleh Ibu Nila Mareta Murdiyani, M.Sc. ini berlangsung interaktif, dimana peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa, hingga praktisi pendidikan antusias mengajukan pertanyaan pada sesi tanya jawab.
Webinar Series #5 ini berhasil menghadirkan diskusi yang menginspirasi tentang inspiratif dan konstruktif mengenai integrasi pendekatan STEM dan deep learning dalam memperkuat kurikulum matematika yang kontekstual, adaptif, dan relevan dengan permasalahan dunia nyata. Departemen Pendidikan Matematika FMIPA UNY berkomitmen untuk terus memberikan ruang diskusi ilmiah yang aktual inovatif dan relevan dengan perkembangan pendidikan abad 21.
Copyright © 2025,


