Workshop Peninjauan Kurikulum: Internal, Mandiri, dan Berkelanjutan

Sebagai upaya untuk menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat, jurusan pendidikan matematika melakukan serangkain kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) kurikulum yang dilakukan secara berkala dan berkelanjutan. Pada tahun ini, bagian dari kegiatan monev tersebut adalah workshop peninjauan kurikulum yang dilakukan oleh masing-masing program studi di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Workshop kali ini membahas tentang visi keilmuan prodi dan peninjauan CPMK-CPL.

Kegiatan workshop dilaksanakan pada hari Kamis, 18 Agustus 2019 bertempat di Hotel Grand Rohan Yogyakarta yang dihadiri oleh 45 dosen jurusan pendidikan matematika. Kegiatan ini dibuka oleh ketua Jurusan Pendidikan Matematika, Ibu Dr. Sri Andayani, M.Kom. dan selanjutnya Ibu Endah Retnowati, Ph.D. selaku Koordinator Prodi S1 Pendidikan Matematika sebagai penyaji.

Adapun yang bertindak sebagai pembahas utama visi keilmuan prodi S1 Pendidikan Matematika adalah Bapak Dr. Hartono, M.Si., Ibu Dr. Djamilah Bondan Widjajanti, M.Si., Bapak Prof. Dr. Marsigit, M.A., Bapak Prof. Dr. Jailani, M.Pd., dan Ibu Dr. Sri Andayani, M.Kom. Hasilnya disepakati visi keilmuan prodi S1 Pendidikan Matematika, yaitu:

“Menjadi program studi pendidikan matematika yang unggul, inovatif, dan kreatif berkelanjutan dalam pengkajian keilmuan didaktif matematis pada bidang berbasis psikologi pengembangan pembelajar, penilaian autentik, dan teknologi pembelajaran matematika”.

visi keilmuan prodi S2 Pendidikan matematika yaitu:

"Pada tahun 2025 menjadi Program Studi S2 Pendidikan Matematika yang unggul dalam pendidikan dan penelitian pembelajaran matematika di Asia Tenggara yang didasari nilai ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan"

visi keilmuan prodi S3 Pendidikan Matematika yaitu:

"Menjadi Program Studi yang unggul, kreatif, dan inovatif berkelanjutan dalam pengembangan ilmu pendidikan matematika pada ranah psikologi kognitif dan media teknologi digital"

Kegiatan kedua adalah peninjauan CPMK-CPL prodi S1 Pendidikan Matematika, dengan langkah kerja sebagai berikut.

1. Dosen berkelompok sesuai KBK
2. Dosen menyiapkan RPS yang diampu semester gasal dan genap
3. Dosen mengecek kesesuaian CPMK-CPL di RPS
4. Dosen merevisi CPMK di RPS (jika ada perbaikan atau tambahan)
5. Dosen mengevaluasi muatan literasi Era Industri 4.0 di RPS masing-masing
6. Dosen mengunggah file RPS lama dan RPS baru

Kegiatan perumusan visi keilmuan, peninjauan kurikulum dan evaluasi RPS ini merupakan upaya yang dilakukan prodi untuk memonitor dan mengevaluasi implementasi kurikulum. Kegiatan seperti ini adalah bentuk penjaminan mutu yang diterapkan secara internal, mandiri, dan berkelanjutan. Dengan demikian, kualitas perkuliahan menjadi lebih bermutu dan baik. (HS)