Capaian Pembelajaran Lulusan

Prodi Pendidikan Matematika UNY merumuskan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) berdasarkan kebijakan pemerintah, visi dan misi UNY dan program studi, serta masukan dari stakeholders. Secara umum, CPL Prodi S1 Pendidikan Matematika UNY mencakup aspek sikap, pengetahuan, keterampilan khusus, dan keterampilan umum yang selanjutnya dijabarkan lebih rinci sebagai berikut:

  1. mendemonstrasikan religiusitas dan nilai kemanusiaan di dunia kerja dan masyarakat;

  2. menunjukkan sikap tanggung jawab, adaptabilitas, kemandirian, dan kepemimpinan dalam menjalankan tugas;

  3. menunjukkan keterampilan komunikasi lisan dan tertulis serta kolaborasi;

  4. mampu menggunakan TIK secara efektif;

  5. menguasai pengetahuan tentang konsep dan prinsip matematika sekolah dan matematika lanjut;

  6. menguasai pengetahuan tentang konsep dasar pendidikan, pedagogi, didaktik matematika, dan metodologi penelitian kependidikan;

  7. menerapkan konsep dasar pendidikan, pedagogi, didaktik matematika, serta matematika sekolah dan matematika lanjut dalam pemecahan masalah;

  8. merancang kegiatan instruksional matematika yang menggunakan beragam strategi;

  9. melaksanakan pembelajaran matematika yang efektif dengan menerapkan pengetahuan pedagogik dan didaktik;

  10. mengembangkan media dan sumber belajar matematika yang inovatif;

  11. melaksanakan asesmen pembelajaran;

  12. melaksanakan penelitian pendidikan matematika.

Program Studi Pendidikan Matematika telah berhasil melakukan proses pembelajaran untuk memenuhi PLO sebagaimana ditunjukkan oleh analisis pencapaian PLO. Gambar menunjukkan bahwa pencapaian PLO berkisar antara 81% hingga 97% yang dianggap sangat baik. Analisis ini didasarkan pada nilai rata-rata mata kuliah, bukan pencapaian tujuan mata kuliah oleh karena itu prestasi PLO mungkin tidak memberikan informasi detail.