Capaian Pembelajaran Lulusan

Prodi Pendidikan Matematika UNY merumuskan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) berdasarkan kebijakan pemerintah, visi dan misi UNY dan program studi, serta masukan dari stakeholders. Secara umum, CPL Prodi S1 Pendidikan Matematika UNY mencakup aspek sikap, keterampilan umum, pengetahuan, dan keterampilan khusus yang selanjutnya dijabarkan lebih rinci sebagai berikut:

Sikap
CPL 1.   Mendemonstrasikan sikap religius, nilai kemanusiaan, dan norma akademik
CPL 2.   Menunjukkan tanggung jawab, kemampuan adaptasi, kemandirian, dan kepemimpinan dalam melaksanakan tugas

Keterampilan Umum
CPL 3.   Menunjukkan kecakapan komunikasi secara lisan dan tertulis serta keterampilan berkolaborasi
CPL 4.   Mampu memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara efektif

Pengetahuan
CPL 5.   Menguasai konsep dasar pendidikan, pedagogi-didaktik matematika, dan metodologi penelitian pendidikan
CPL 6.   Menguasai secara komprehensif berbagai konsep matematika sekolah dan matematika lanjut

Keterampilan Khusus
CPL 7.   Menerapkan konsep dasar pendidikan, metode pedagogik-didaktik, atau konsep matematika sekolah maupun matematika lanjut dalam menyelesaikan masalah pendidikan matematika
CPL 8.   Merancang pembelajaran matematika yang strategik, bermakna dan implementatif
CPL 9.   Mempraktikkan pembelajaran matematika berdasarkan pengetahuan pedagogik-didaktik yang tepat
CPL 10. Mengembangkan media dan sumber belajar matematika yang inovatif
CPL 11. Melakukan asesmen pembelajaran matematika yang holistik
CPL 12. Melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan matematika