Capaian Pembelajaran Lulusan

Prodi Pendidikan Matematika UNY merumuskan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) berdasarkan kebijakan pemerintah, visi dan misi UNY dan program studi, serta masukan dari stakeholders. Secara umum, CPL Prodi S1 Pendidikan Matematika UNY mencakup aspek sikap, keterampilan umum, pengetahuan, dan keterampilan khusus yang selanjutnya dijabarkan lebih rinci sebagai berikut:

Sikap
CPL 1.   Mendemonstrasikan sikap religius, nilai kemanusiaan, dan norma akademik
CPL 2.   Menunjukkan tanggung jawab, kemampuan adaptasi, kemandirian, dan kepemimpinan dalam melaksanakan tugas

Keterampilan Umum
CPL 3.   Menunjukkan kecakapan komunikasi secara lisan dan tertulis serta keterampilan berkolaborasi
CPL 4.   Mampu memanfaatkan TIK secara efektif

Pengetahuan
CPL 5.   Menguasai konsep dasar pendidikan, pedagogi-didaktik matematika, dan metodologi penelitian pendidikan
CPL 6.   Menguasai secara komprehensif berbagai konsep matematika sekolah dan matematika lanjut

Keterampilan Khusus
CPL 7.   Menerapkan konsep dasar pendidikan, konsep pedagogik-didaktik, atau konsep matematika sekolah maupun matematika lanjut dalam menyelesaikan masalah
CPL 8.   Merancang pembelajaran matematika yang strategik, bermakna dan implementatif
CPL 9.   Mempraktikkan pembelajaran matematika berdasarkan konsep pedagogik-didaktik yang tepat
CPL 10. Mengembangkan media dan sumber belajar matematika yang inovatif
CPL 11. Melakukan asesmen pembelajaran matematika yang holistik
CPL 12. Melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan matematika

Program Studi Pendidikan Matematika telah berhasil melakukan proses pembelajaran untuk memenuhi PLO sebagaimana ditunjukkan oleh analisis pencapaian PLO. Gambar menunjukkan bahwa pencapaian PLO berkisar antara 81% hingga 97% yang dianggap sangat baik. Analisis ini didasarkan pada nilai rata-rata mata kuliah, bukan pencapaian tujuan mata kuliah oleh karena itu prestasi PLO mungkin tidak memberikan informasi detail.