Workshop Maxima: Kegiatan Joint KBK Prodi Matematika

Kelompok Bidang Keahlian (KBK) dari Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada tanggal 2 – 3 Oktober 2019 melaksanakan Workshop Maxima a Computer Algebra System. Kegiatan ini terlaksana karena adanya joint KBK, yaitu KBK analisis dan geometri, KBK aljabar, KBK matematika biologi, KBK computer, KBK Statistika, KBK Matematika Keuangan, dan KBK analisis terapan. Pembicara pada workshop ini adalah Prof. José Antonio Vallejo, Ph.D. dari the Science Faculty, Universidad Autónoma de San Luis Potosí, México.

Maxima adalah suatui software sebagai bagian dari Computer Akgebra System (CAS) yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan matematika. Maxima merupakan free software yang user friendly. Jose, pembicara workshop, adalah salah satu penusun package dalam Maxima. Suatu kebanggaan bagi Jurdikmat FMIPA UNY bahwa Jose bersedia memberi workshop secara langsung.

Peserta workshop terdiri dari mahasiswa S1 dan S2 UNY, mahasiswa S3 baik dari UNY maupun UGM, dosen-dosen dari UNY, Unnes, UIN Sunan Kalijaga dan IAIN Kudus. Secara keseluruhan, total peserta adalah 40. Materi workshop sangat menarik karena sering digunakan dalam kuliah, yaitu Basic Arithmetic, Elementary Algebra and Calculus, Elementary Number Theory, Graphics, Differential Equations, Animated Graphics, dan Cryptography.

Pada salah satu penjelasan dari Jose, dikatakan bahwa "kita sebaiknya tertantang untuk mencoba hal baru, ilmu baru, diluar dari kebiasaan kita". Dengan kata lain, diharapkan kita untuk selalu mencari pengetahuan baru yang lebih luas.

Label Berita: