Webinar Series #2 dengan tema “Kurikulum Pendidikan Matematika” berjalan sukses dan lancar

Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNY telah sukses melaksanakan Webinar Series #2 dengan tema “Kurikulum Pendidikan Matematika” dari enam serangkaian webinar series pada Sabtu, 04 Juni 2022. Webinar disambut oleh Ibu Endah Retnowati, Ph.D, dengan harapan adanya serangkaian kegiatan ini untuk dapat dihadiri dan digiatkan agar bersama-sama berkontribusi dalam pendidikan Indonesia khususnya matematika. Di moderatori oleh Ibu Nila Mareta Murdiyani, M.Sc, webinar series berjalan dengan lancar dan penuh antusias. Narasumber yang dihadirkan pada webinar kali ini Bapak Aris Feriyanto, S.Pd yang merupakan Praktisi/guru dari SMAN 1 Wonosari Yogyakarta serta Kepala MGMP Matematika SMA Kabupaten Gunung Kidul dan Bapak Dr. Ali Mahmudi yang merupakan Dosen/peneliti Pendidikan Matematika UNY sekaligus wakil dekan bidang kemahasiswaan FMIPA UNY.

Kesempatan pertama diberikan kepada Bapak Aris Feriyanto, S.Pd dengan topik “Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah” yang dibuka mengenai sekolah penggerak. Dilanjutkan dengan pembelajaran paradigma baru hingga bagaimana pembagian peran pemerintah dan satuan pendidikan dalam pembelajaran paradigma baru serta bagaimana merencanakan asesmen paradigma baru.

Kesempatan kedua diberikan kepada Bapak Dr. Ali Mahmudi dengan topik “Inspirasi Pembelajaran Matematika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar” yang membahas mengenai kurikulum merdeka belajar, bagaimana esensi inovasi kurikulum baru dan kurikulum merdeka belajar hingga pola pembelajaran dan bagaimana fokus dalam belajar matematika. Kegiatan sangat aktif dilihat dari beberapa peserta yang melempar pertannyaan kepada narasumber sehingga terbangunnya diskusi.

Adapun kegiatan ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom serta siaran langsung pada akun youtube, facebook dan instagram pendidikan matematika UNY dengan nama akun math_education_uny. Guru, mahasiswa, serta dosen/peneliti turut menghadiri kegiatan ini dari berbagai afiliasi dan daerah. Semoga dengan adanya serangkaian kegiatan ini, mahasiswa hingga praktisi pendidikan untuk dapat bersama-sama memajukan pendidikan Indonesia.