Tim PPM Jurdikmat melaksanakan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasi Ilmiah untuk Guru Matematika SMP Kab. Gunung Kidul

Pengabdian pada Masyarakat (PPM) merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh setiap dosen pada satuan kerja masing-masing. Untuk merealisasikan PPM ini, Empat dosen dari Jurusan Pendidikan Matematika yang tergabung dalam PPM Kelompok 4 memberikan pelatihan gratis kepada MGMP Matematika SMP Kabupaten Gunung Kidul. Tema PPM tahun ini difokuskan pada pemberian Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasi Ilmiah Untuk Guru SMP yang dilaksanakan pada 15 September 2022 di SMPN 1 Playen.

Pemilihan tema didasarkan pada kebutuhan guru matematika setempat dalam kenaikan pangkat, banyak guru terkendala pana penulisan karya ilmiah terutama guru-guru yang sudah golongan IV hususnya di Kabupaten Gunung Kidul. PPM dibuka langsung oleh Wakil Dekan 3 FMIPA UNY yang mewakili Dekan FMIPA UNY sekaligus menjadi narasumber pada pelatihan yang dilaksankanan. Setelah pembukaan kegiatan diikuti oleh materi pertama yang disampaikan oleh Prof. Dr. Sugiman, M.Si terkait permasalahan dalam pembelajaran matematika yang dapat diangkat menjadi penelitian Tindakan kelas, dilanjutkan oleh materi ke-2 yaitu Bapak Dr. Ali Mahmudi yang memberikan materi tentang penulisan proposal penelitian tindakan dan dilanjutkan dengan sesi diskusi. Materi tahap berikutnya adalah Penulisan artikel hasil penelitian yang disampaikan oleh Ibu Nila Mareta, M.Sc. dan diakhiri oleh Bapak Dr. Syukrul Hamdi dengan materi “merancang Publikasi artikel yang sudah disusun dan pilihan jurnal atau tempat publikasi.

PPM ditutup dengan penandatanganan bukti kerjasama antara Program Studi Pendidikan Matematika UNY dan MGMP Matematika SMP Kabupaten Gunung Kidul dan SMPN 1 Playen. Melalui pelatihan ini guru diharapkan bisa lebih dimudahkan terutama dalam menyusun proposal penelitian sampai pada pelaksanaan dan publikasi hasil penelitian. Guru-guru yang mengikuti pelatihan pun merasa sangat terbantu dan berharap jika ada kegiatan lanjutan dari pelatihan yang diberikan agar lebih terbantu dalam menyusun PTK dan artikel untuk publikasi karya ilmiah, lebih jauh Bapak Sulistiyana, M.Pd selaku ketua MGMP berharap tetap dilibatkan dalam kegiatan serupa. Oleh karena itu, Jurusan Pendidikan Matematika UNY memiliki komitmen untuk bisa melaksanakan kegiatan PPM serupa pada tahun-tahun berikutnya bahkan dengan tema yang lebih menarik dan dibutuhkan oleh guru-guru matematika yang ada di wilayah DIY dan sekitarnya. (Tim-Sy)

 

Label Berita: