Menyusun topik penelitian skripsi lebih awal

“Aku sudah menempuh 6 semester, namun masih belum ada gambaran terkait tugas akhirku. Judul yang bagus seperti apa ya? Masih adakah judul yang tersisa atau sudah dihabiskan oleh para senior-seniorku ya? Lalu, bila aku sudah mendapatkannya, bagaimana jika penelitianku nanti sama dengan milik temanku ya?” Merenungkan hal tersebut tanpa mencari solusinya membuat kehabisan energi dan tak jadi menyentuh skripsi.

Sabtu, 18 Februari 2023 Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY mengadakan seminar untuk menjawab beberapa keresahan mahasiswa S1 terutama yang sudah menapakai semester 6. Seminar dilakukan secara online dimulai sejak pukul 07:45 hingga pukul 11:30 WIB. Ibu Endah Retnowati selaku Korprodi Pendidikan Matematika FMIPA UNY mengundang 2 pembicara lain yakni Prof. Sugiman dan Prof. Jailani. Harapan dari seminar ini adalah mahasiswa memperoleh topik penelitian yang diminati dan dapat membantu mahasiswa menyelesaikan tugas akhirnya. Seminar ini dilaksanakan setiap sabtu selama 3 kali berturut turut dimulai tanggal 18 februari dan berakhir pada 4 Maret 2023.

Pembicara pertama adalah Prof. Jailani. Prof Jailani memberikan gambaran topik terkait kurikulum. Beliau mengupas kurikulum dan memberikan gambaran kepada mahasiswa bagian mana yang bisa diteliti pada tingkatan strata 1. Belajar dari para alumni yang sudah ada, Prof Jailani menyarankan para calon peneliti muda untuk mengambil penelitian survey. Hal tersebut agar penelitian tidak terlalu terikat dengan jadwal yang ada dikelas dan waktu penelitiannya sangat fleksibel. Selain itu, beliau juga menyarankan untuk meneliti terkait etnomatematika mulai dari mengembangkan pembelajaran dengan basis budaya tertentu, mengkaji budaya tertentu yang bisa bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran matematika, hingga mengkaji arsitektur budaya tertentu dari sudut pandang matematika. Penjelasan beliau berlangsung hingga 60 menit dan dilanjutkan pembicara kedua.

Pembicara kedua adalah korprodi Pendidikan Matematika yakni Ibu Endah Retnowati. Ibu Endah memiliki fokus penelitian pada desain desain pembelajaran matematika. Beliau memberikan gambaran terkait kelompok penelitian yang ada di dalam Pendidikan matematika. Kelompok tersebut terdiri dari desain kurikulum dan pembelajaran matematika, media pembelajaran matematika, psikologi belajar matematika, asesmen pembelajaran matematika, pengembangan profesi Pendidikan matematika, dan inovasi pembelajaran matematika. Ibu Endah Retnowati juga memberikan beberapa contoh judul skripsi yang baik yang terdiri dari metode penelitian, variabel penelitian, dan subjek penelitian. Perkuliahan Bersama beliau menjadi semakin menarik karena diberikan waktu beberapa menit untuk istirahat di tengah tengah perkuliahan. Para audiens diminta untuk relaksasi sejenak, minum, berdiri, dan bergerak selama 5 menit. Ibu Endah memberikan perkuliahan hingga pukul 10:00.

Kegiatan seminar ditutup dengan pembicara terakhir dari Kaprodi S2 dan S3 Pendidikan Matematika FMIPA UNY yakni Prof. Sugiman. Tak kalah dari pembicara sebelum sebelumnya, Prof Sugiman mengupas topik-topik yang menarik. Beliau memulai dengan menjabarkan tema penelitian Pendidikan matematika secara umum. Terdapat 10 tema penelitian Pendidikan matematika yang diberikan. Tak cukup memberikan gambaran umum, Beliau menjabarkan secara detail dari masing masing tema hingga bagian mana yang dapat diteliti untuk mahasiswa. Beliau juga berpesan untuk para mahasiswa agar banyak membaca literatur. Tidak hanya sekedar menyuruh, Prof Sugiman pun juga membahagiakan koleksi digital library milik prof sugiman yang dapat dibuka hanya dengan menggunakan email student milik UNY.

Mahasiswa terlihat antusias mengikuti perkuliahan. Hal tersebut terbukti dengan tidak berkurangnya jumlah peserta sejak awal seminar dibuka, justru malah bertambah pesertanya. Hingga akhir tercatat sebanyak 75 mahasiswa yang menghadiri seminar ini. Acara ditutup langsung oleh Ibu Endah tepat pukul 11:30 WIB. Beliau kembali berpesan dan berharap kepada mahasiswa sebelum menutup acara agar mahasiswa cukup 8 semester saja tidak lebih dalam menyelesaikan jenjang perkuliahan S1.