Masa Pandemi bukan Hambatan: Microteaching tetap terlaksana

Pembelajaran mikro (Microteaching) di era pandemic untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika angkatan 2018 pada Semester genap 2020/2021 tetap terlaksana dengan baik. Pembelajaran dilaksanakan secara virtual melalui google meet atau zoom. Pemilihan platform virtual untuk menghindari penyebaran virus covid, selain itu, mahasiswa juga belajar menerapkan teknologi dalam pembelajaran matematika, serta belajar beradaptasi dengan lingkungan pembelajaran sesuai perkembangan dunia.

Pembelajaran mikro adalah mata kuliah yang penting untuk calon guru. Pembelajaran mikro memfasilitasi mahasiswa mengembangkan kompetensi, menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan menerapkannya dalam skala kecil, dimana alokasi waktu pembelajaran adalah 25 menit dan yang menjadi siswa adalah teman sebaya di kelasnya.

Pembelajaran mikro pada Program Studi Pendidikan Matematika dilaksanakan dengan membagi mahasiswa dalam kelompok 7-9 orang mahasiswa dipandu oleh 2 orang dosen pendidikan matematika. terlaksana 3 siklus praktik pembelajaran ditambah 1 praktik akhir sebagai ujian/penilaian. Mahasiswa dapat praktik mengajar dengan metode tatap muka virtual sebanyak dua kali dan praktik menyusun video pembelajaran sebanyak satu kali. Mahasiswa menerima tanggapan, komentar, dan bimbingan dari dosen pengampu untuk meningkatkan kualitas praktiknya. Video pembelajaran mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dapat diakses di youtube channel math_education_uny (https://www.youtube.com/channel/UCZoNOVPzN4hyt8ypwBquK1Q/featured ). Alhamdulilah, melalui pembelajaran mikro meskipun tidak dengan pertemuan tatap muka langsung mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi mengajar dengan baik. (Tim-Sy)

Label Berita: