Jurusan Pendidikan Matematika UNY Sukses Menyelenggarakan ISIMMED 2020

Dunia saat ini sedang mencoba menyiapkan kehidupan baru pasca Covid-19. Hal ini mengubah cara hidup kita untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dalam aktivitas dan pekerjaan sehari-hari. Perubahan ini membawa peluang sekaligus tantangan bagi kita semua terutama pada bidang matematika dan statistika.

Matematika dan statistika berperan penting dalam perkembangan masyarakat. Dalam kondisi era yang baru ini, manusia mengubah tingkah laku dan struktur sosialnya sehingga memunculkan fenomena yang menarik untuk dipelajari dari sudut pandang matematika dan statistika. Perubahan struktur sosial yang berkaitan dengan era baru juga dapat mempengaruhi sektor pendidikan seperti penyelenggaraan kelas online, pergeseran peran guru, metode pembelajaran dan evaluasi, dan ruang kerja.

Pada saat yang sama, di era masyarakat 5.0 (society 5.0) teknologi seperti big data, Internet of Things (loT), kecerdasan buatan (AI), dan robot bergabung di semua sektor. Menyatukan aturan normal baru dalam masyarakat 5.0, masalahnya bukan hanya tentang mengatasi teknologi baru, tetapi juga mempersiapkan kaum muda dengan keterampilan untuk menghadapi lingkungan baru.

Berdasarkan hal tersebut, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan 4th International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education (4th ISIMMED) pada Kamis, 15 Oktober 2020 secara virtual. ISIMMED 2020 mengambil tema Rethinking the role of statistics, mathematics and education in society 5.0 : Theory, Research, and practice.

ISIMMED tahun 2020 ini menghadirkan tiga pembicara utama yaitu Prof. Osval Antonio Montesinos Lopez, Ph.D dari University of Colima, Mexico, Brita Somerkoski, Ph.D dari University of Turku, Findland, dan salah satu dosen FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Dr. Hartono. Seminar ini diikuti oleh lebih dari 150 peserta dari kalangan dosen, guru, mahasiswa, praktisi, serta peneliti Pendidikan Matematika dan Matematika.

Seminar ini menghasilkan banyak ide-ide dan solusi yang muncul terkait peningkatan kualitas masyarakat melalui reformasi peran statistika, matematika dan pendidikan matematika yang dituliskan pada artikel oleh lebih dari 60 pemakalah yang dipublikasikan melalui prosiding seminar ISIMMED 2020. Sebagai hasil dari pembentukan era baru, ada peluang bagi kita untuk terlibat dalam perubahan yang berati. Ini adalah waktu bagi kita untuk belajar merefleksikan diri dan bersama-sama saling mendukung melalui perubahan ini.

(Tim-Sy)

Label Berita: