Dosen Jurdikmat mengikuti Uji Sertifikasi Kompetensi LSP Penulis dan Editor Profesional

Lima Belas dosen Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY mengikuti Uji Sertifikasi Kompetensi LSP Penulis dan Editor Profesional yang difasilitasi oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNY. Dosen Jurdikmat yang mengikuti adalah Dr. Ali Mahmudi, Kismiantini, Ph.D., Dr. Sri Andayani, M.Kom.,Dr. Syukrul Hamdi, Endah Retnowati, Ph.D., Wahyu Setyaningrum,Ph.D., Dr. Karyati, Ezra Putrananda Setiawan, M.Sc., Bambang Sumarno Hadi Marwoto, M.Kom, Heru Sukoco, M.Pd., Drs. Sahid, M.Sc., Kuswari Hernawati,Mkom.,Rosita Kusumawati, M.Sc., dan Husna Arifah, M.Si. 15 Dosen jurdikmat tersebut terbagi menjadi dua skema yaitu skema penyungtingan naskah dan skema penyuntingan substantif.

Uji sertifikasi ini di awali dengan pelatihan yang dilaksanakan secara daring melalui zoom pada hari Kamis, 3 Nopember 2022 dan luring yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Grand Mercure Yogyakarta pada hari Jum’at, 4 Nopember 2022 dan diakhiri dengan uji kompetensi yang terjadwal hari Sabtu, 5 Nopember 2022 dan Senin, 7 Nopember 2022. Narasumber pelatihan ini adalah ibu Epik Finilih dari LSP Penulis dan Editor Profesional (LSP PEP). LSP PEP merupakan LSP pertama dan masih satu-satunya penyelenggara sertifikasi untuk profesi penulis buku nonfiksi dan penyunting. Pelaksanaan di Indonesia.  

Wakil Dekan 1 FMIPA UNY Prof. Jaslin Ikhsan, Ph.D. yang membuka kegiatan secara resmi mengungkpakan pentingnya pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi LSP Penulis dan Editor Profesional untuk dosen karena ini akan mendukung implementasi tridarma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Aspek Pendidikan dapat diimplementasikan dengan menulis buku refrensi, buku ajar, modul dan lainnya. Sedangkan pada aspek penelitian dan pengabdian ini juga menjadi hal penting untuk mendukung ketercapaian luaran penelitian berupa produk buku, HKI dan publikasi ilmiah di jurnal nasional maupun internasional bereputasi serta menjadi pendukung untuk meningkatkan kompetensi sebagai editor dan reviewer jurnal ilmiah. Sertifikasi ini juga akan meniscayakan penulisan dan penerbitan dilakukan oleh tenaga-tenaga yang berkompeten.

Melalui penyelenggaraan Sertifikasi Penulis Buku dan Editor diharapkan dapat menambah kuantitas para penulis buku, editor, dan reviewer yang bersertifikat (berlisensi BNSP) di FMIPA UNY sehingga mendukung kemajuan serta meningkatkan daya saing dalam pencapaian indikator kinerja utama UNY. Selain itu, pelatihan dan uji sertifikasi ini diharapkan manjadi salah satu event yang memprakarsai event lainnya yang betul-betul solutif dan inovatif pada berbagai situasi dan kondisi dalam rangka mewujudkan ikhtiar dalam membangun bangsa dan negara. (Tim Sy)

Label Berita: