Diskusi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) 2022 antara Program Studi Pendidikan Matematika UNY dan UPI

Kerjasama antara Program Studi Pendidikan matematika Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dijalin dalam kegiatan diskusi implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2022.

Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan sebuah program yang dirancang oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. MBKM memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memilih mata kuliah atau kegiatan di luar kampus utama. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk program mobilitas mahasiswa di tingkat nasional dan/atau internasional. Tentu kegiatan ini menjadi sebuah urgensi untuk dilaksanakan karena perbandingan kurikulum dan kesetaraan mata kuliah dapat bermanfaat bagi mahasiswa agar mereka dapat memilih mata kuliah dengan tepat sesuai kebutuhannya. Adapun kegiatan diskusi MBKM antar Program Studi Pendidikan Matematika UNY dan UPI ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 19 April 2022, dengan menghadirkan pengurus dan perwakilan dosen-dosen Program Studi Pendidikan Matematika UNY dan UPI secara daring dengan memanfaatkan aplikasi zoom.

Selain untuk mempererat tali silaturahmi antar Program Studi Pendidikan Matematika pada kedua universitas, kegiatan diskusi MBKM tahun 2022 tentu membuahkan hasil dan manfaat berupa kesepakatan bahwa UNY dan UPI untuk mampu mengimplementasikan MBKM pada semester gasal 2022/2023.