Webinar #6 Series 2023 "Asesmen Pembelajaran Matematika"

Asesmen pembelajaran matematika merupakan proses evaluasi yang dilakukan untuk mengukur pemahaman dan kemampuan siswa dalam materi matematika. Asesmen pembelajaran matematika memiliki peran yang sangat penting dalam membantu meningkatkan kualitas pembelajaran, mendukung perkembangan siswa, dan memastikan efektivitas pengajaran di lingkungan pendidikan. Guna menjembatani hal tersebut, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan webinar series #6 dengan tema Asesmen Pembelajaran matematika.

Acara dibuka oleh Ibu Endah Retnowati Ph.D. Beliau berharap bahwa dengan adanya Webinar Series #6, kita semua menjadi lebih membuka mata mengenai pentingnya asesmen pembelajaran matematika. Narasumber pertama yaitu Siti Khoiriyah, M.Pd. menyampaikan materi dengan topik “Pemanfaatan Asesmen Diagnostik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi”. Kegiatan pembelajaran berdifirensiasi dapat dilakukan dengan pembelajaran audio, visual dan kinestetik atau menggabung ketiganya. Terdapat tiga sistem penilaian pembelajaran diferensiasi yaitu Asesmen for learning, asesmen of learning dan asesmen as learning.

Sesi pertama berlangsung selama 45 menit. Setelah itu, panitia mengajak peserta untuk ice breaking quiz interaktif  agar dapat merileksasikan otak. Pesera yang hadir sangat antusias mengikuti quiz interaktif yang dipandu oleh tim teknis webinar#6. Tak lupa hadiah menarik dibagikan kepada lima peserta yang terpilih dan menjawab dengan benar.

Selesai ice breaking, narasumber kedua yaitu Dr. Elly Arliani, M.Si. menyampaikan materi dengan topik “Asesmen Sebelum Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Perencanaan Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi pada Impelementasi Kurikulum Merdeka”. Penilaian ini dapat dilakukan dengan Asesmen awal/pra pembelajaran, asesmen penguasaan materi, asesmen gaya belajar, asesmen tipe kepribadian dan asesmen kesiapan belajar. Materi secara lebih detil dapat disimak dalam chanel Youtube math_education_uny.

Sesi terkahir yakni sesi tanya jawab. Sayangnya, waktu tidak bersahabat dengan keingin tahuan peserta. Terbatasnya waktu hanya mengijinkan 2 pertanyaan. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom serta siaran langsung pada akun youtube dan instagram math_education_uny. Dengan adanya Webinar Series tahun ini, diharapkan audiens agar berkembang, memikirkan dan meningkatkan kontribusi terhadap bagaimana perkembangan pendidikan di Indonesia secara luas atau pendidikan di sekitar kita.

Label Berita: