WEBINAR 2023 SERIES#4 PSIKOLOGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Psikologi pendidikan merupakan ilmu yang penting dikuasai oleh pendidik untuk membantu memahami perilaku dan emosi belajar siswa. Guna Menjembatani hal tersebut, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan webinar series#4 2023.

Acara Webinar dibuka untuk umum terutama mahasiswa dan guru matematika pada tanggal 16 September 2023. Terdapat tiga narasumber pada webinar series#4 yaitu Endah Retnowati, Ph.D., Dr. Djmailah Bondan Widjajanti, M.Si dan Dr. Asmar. S.Psi., M.Si., M.Psi. Webinar diawali sambutan oleh Koorprodi Pendidikan Matematika, Ibu Endah Retnowati, Ph.D dan dilanjutkan sambutan oleh Wakil Dekan bidang akademik dan kemahasiswaan, Prof. Jaslin Ikhsan, M.App.Sc., Ph.D yang sekaligus membuka webinar series#4 Pendidikan Matematika.

Tema Webinar Series#4 yaitu “Psikologi Pembelajaran Matematika”. Webinar diawali sambutan oleh Koorprodi Pendidikan Matematika yaitu Endah Retnowati, Ph.D dan dimoderatori oleh Husna Arifah, S.Si., M.Sc merupakan salah satu anggota research group. Adapun tim Research group Psikologi : Pemeblejaran Matematika yaitu Endah Retnowati, S.Pd., M.Ed., Ph.D., Dr. Djamilah Bondan Widjayanti, M.Si., Dra. Endang Listyani, MS., dan Husna Arifah, S.Si., M.Sc.

Pemateri pertama membahas bagaiamana cara mengelola Emosi dan Risiko dalam Pembelajaran Matematika yang disampaikan oleh Dr. Djamilah Bondan Widjajanti, M.Si. Beliau menyampaikan pendidik bisa menjadi pengantar emosi peserta didik ketika kegiatan belajar mengajar merasa Bahagia, meningkatkan minat, percaya diri dan prestasi belajar matematika. Menurut Skemp, emosi mempengaruhi kompetensi peserta didik pada percaya diri, frustasi, keamanan/kenyamanan dan kecemasan. Beliau menyampaikan bahwa guru maupun orang tua bisa memantau peserta didik terhadap lingkungan di sekitarnya karena dunia dan perilaku seseorang saling memengaruhi.

 

Sehubungan dengan kecemasan peserta didik pada proses pembelajaran, maka materi selanjutnya yaitu “Memberi motivasi siswa dari sisi self-efficay” oleh Endah Retnwati, M.Ed.,Ph.D. Beliau menyampaikan guru maupun orang tua bisa memantau peserta didik terhadap lingkungan di sekitarnya karena dunia dan perilaku seseorang saling memengaruhi. Dinamika dalam belajar matematika, terdapat sebagian peserta didik merasakan sulit dan takut mencoba sehingga posisi ini peran pendidik sebagai self-efficacy memberikan dorongan dan keyakinan bahwa dia bisa mampu memahaminya.

Selesai penjabaran dari kedua materi, panitia mengajak ice breaking berupa tebak gambar lewat platform quizizz. Peserta yang mendapatkan nilai tiga tertinggi akan mendapatkan doorprize menarik. Kemudian dilanjutkan materi ketiga yakni Dr. Asmar. S.Psi., M.Si., M.Psi., Psikolog, beliau adalah praktisi psikologis klinis, trainer dan akademisi dari tutor Universitas Terbuka. Beliau menyampaikan Psikologi belajar matematika melibatkan pemahaman aspek-aspek psikologi yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, memecahkan masalah matematika.

Peserta yag mengajukan pertanyaan dikelola oleh panitia untuk disampaikan kepada kedua pembicara, Namun tidak semua pertanyaan dapat disampaikan kepada kedua narasumber karena keterbatasan waktu. (MA)

 

Label Berita: