VISITING PROFESSOR JOSE HANHAM #2 MENULIS METODE, HASIL, DAN PEMBAHASAN PENELITIAN

Pada Rabu, 9 Agustus 2023, Associate Professor Jose Hanham yang menjadi dosen tamu dalam agenda visiting professor melanjutkan workshop sesi ke-dua yang dilaksanakan dalam dua bagian. Jose Hanham merupakan dosen yang berasal dari Australia, lebih spesifiknya dari Western Sydney University (QS WUR=375). Kegiatan Visiting Professor dilaksanakan di ruang sidang 2 FMIPA UNY sejak pukul 13:00 – 17.00 WIB. Peserta hadir secara hybrid, yakni beberapa mahasiswa mengikuti perkuliahan secara daring dan ada juga yang luring. Pertemuan sesi #2 diikuti lebih dari 30 mahasiswa ini membahas kelanjutan mengenai pengetahuan dan keterampilan menulis jurnal, khususnya dalam menyajikan detil metode penelitian, menyajikan hasil, dan pembahasan.

hose

Jose menjelaskan bahwa menulis bagian isi suatu artikel jurnal sebaiknya menjelaskan secara prosedural apa saja yang diterapkan dalam penelitian sehingga pembaca artikel dapat mereproduksi penelitian tersebut. Hal ini sebagai salah satu teknik untuk menunjukkan bahwa penelitian telah mengikuti kaidah ilmiah. Dosen berdarah Australia dan New Zealand ini juga memberikan pendampingan langsung kepada para mahasiswa yang sedang menyusun draf artikel publikasi ilmiah.

Kegiatan visiting professor ini adalah upaya Prodi Pendidikan Matematika untuk mendukung pencapaian visi prodi dan visi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi Universitas Kependidikan Kelas Dunia (UKKD). Peningkatan kualitas perkuliahan menuju level tingkat internasional terus dilakukan secara berkelanjutan. (ER)