Visiting Professor Jose Hanham #1 Informasi penting ketika menulis Jurnal

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memiliki rencana jangka panjang untuk menuju World Class University (WCU). Secara khusus, UNY bersiap menjadi Universitas Kependidikan Kelas Dunia (UKKD). Salah satu dukungan dalam mewujudkan rencana tersebut adalah dengan meningkatkan kualitas perkuliahan menuju level tingkat internasional. Departemen Pendidikan Matematika FMIPA UNY mengadakan kegiatan visiting professor guna meningkatkan kualitas perkuliahan.

Selasa, 8 Agustus 2023, Associate Professor Jose Hanham menjadi dosen tamu dalam agenda visiting professor. Jose Hanham merupakan dosen yang berasal dari Australia, lebih spesifiknya dari Western Sydney University (QS WUR=375). Kegiatan Visiting Professor dilaksanakan di ruang sidang 2 FMIPA UNY sejak pukul 13:00 WIB. Visiting Professor Bersama Jose Hanham dijadwalkan hingga 4 sesi dengan peserta hybrid, yakni beberapa mahasiswa mengikuti perkuliahan secara daring dan ada juga yang luring. Pertemuan sesi #1 yang diikuti lebih dari 30 mahasiswa ini membahas tentang informasi penting guna menulis jurnal. Jose Hanham menjabarkan bahwa dalam menulis jurnal terdapat komponen yang harus diperhatikan, yakni literature review, method, results, discussion and conclusion, serta abstract.

Introduction pada artikel perlu dibuat semenarik mungkin bagi pembaca. Dosen berdarah Australia dan New Zealand ini menjabarkan beberapa tips dalam menulis introduction. Introduction dapat dimulai menggunakan salah satu atau kombinasi dari data statistik, pertanyaan, kejadian dalam kehidupan sehari-hari, atau dilema. Lebih lanjut lagi, Jose Hanham memberikan contoh sebagai berikut. “Half of the world’s population are not directly connected to the internet”, “617 milllion children and teenagers had not reached minimum reading levels”.

(PW)