PPM PROGRAM TENAR UNY-KU: RINTISAN VISITING PROFESSOR (OUTBOUND) DALAM NEGERI DAN DOSEN MENGABDI DI UNIVERSITAS TIDAR

Visiting Professor (VP) merupakan kegiatan mengajar di kelas, melakukan penelitian maupun kegiatan akademik lainnya sebagai upaya untuk meningkatkan jalinan kerja sama UNY dengan mitra baik dalam negeri maupun luar negeri. Oleh karena itu, Kelompok Riset Inovasi Pembelajaran Matematika, Departemen Pendidikan Matematika FMIPA UNY melakukan kegiatan VP dalam negeri melalui Program Pengabdian Masyarakat (PPM) di Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tidar (Untidar), Magelang.

Kegiatan PPM ini juga merupakan tindak lanjut dari kunjungan benchmarking Prodi Pendidikan Matematika FKIP Untidar ke Departemen Pendidikan Matematika UNY pada tanggal 16 Januari 2023. Acara puncak kegiatan PPM ini adalah seminar/kuliah umum yang dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2023 bertempat di Aula FKIP Untidar dengan narasumber Prof. Dr. Marsigit, M.A. (ketua tim). Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FKIP Untidar, Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd. beserta pimpinan dekanat dan Plt. Ketua Jurusan Matematika dan IPA Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd. Selain itu, hadir juga dosen mata kuliah Etnomatematika Megita Dwi Pamungkas, M.Pd. dan Dita Aldila Krisma, M.Pd. beserta semua mahasiswa yang mengambil mata kuliah Etnomatematika (3 kelas).

Kegiatan PPM ini diawali dengan diskusi bersama dosen pengampu mata kuliah pada bulan Maret. Selanjutnya, bulan Mei tim pengabdi melakukan kegiatan observasi di kelas Etnomatematika. Terakhir, melalui seminar/kuliah umum, ketua tim PPM memaparkan Refleksi dan Etnografi PBM Matematika Berbasis Etnomatematika berdasarkan hasil observasi. Kagiatan PPM lainnya adalah kuliah tamu di kelas Algoritma dan Pemrograman serta diskusi/pendampingan prestasi mahasiswa bersama Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Himatika) Untidar.

Adapun anggota tim PPM, yaitu: Dr. Dra. Mathilda Susanti, M.Si., Drs. M. Fauzan, M.Sc.St., dan Heru Sukoco, S.Si., M.Pd. Sedangkan mahasiswa yang ikut dan terlibat dalam kegiatan PPM ini terdiri dari mahasiswa program studi pendidikan matematika S1 (Sekar Sari Anggraeni, Amira Azizah), S2 (Lalu Wahyu Rizaldi, Zea Zisman Usman), dan S3 (Istiqomah).