Potensi Besar Dunia Digital untuk Media Pembelajaran Pendidikan Sekolah

Program praktisi mengajar dilaksanakan agar lulusan perguruan tinggi lebih siap untuk masuk ke dunia kerja. Program ini mendorong kolaborasi aktif praktisi ahli dengan dosen untuk mencipatakan pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam dan bermakna. Kolaborasi ini dilakukan dalam mata kuliah yang disampaikan di ruang kelas baik secara luring maupun daring.

Program praktisi mengajar di lingkup Pendidikan Matematika FMIPA UNY kali ini menggandeng Ahli desain media digital, yakni Alfan Pujo Laksono untuk berbagi di kelas media pembelajaran matematika interaktif. Lulusan dari ITB ini memperkenalkan kepada mahasiswa apa saja media digital yang sekiranya dapat digunakan dalam pembelajaran. Pria asal Kalimantan ini mengajak setiap peserta kenal dengan Augmented Reality, Virtual Reality, hingga Mix Reality. Pria yang biasa dipanggil dengan sebutan mas Alfan ini mengenalkan Metaverse di awal pertemuan. Teknologi tersebut cukup membantu siswa dalam proses pembelajaran. Mas Alfan memandu setiap mahasiswa dengan cara yang menyenangkan. Mahasiswa diberikan waktu untuk mengikuti setiap langkah yang diinstruksikan oleh pembicara praktisi mengajar sesi ini.

Mahasiswa diajak dan dipandu  berkeliling dunia memasuki berbagai museum yang sudah terintegrasi dengan Augmented Reality. Waktu 120 menit dirasa kurang lama untuk pengenalan dunia terkini dari media digital. Sebanyak 32 peserta Zoom Meeting aktif mengikuti dan bertanya guna memuaskan rasa penasaran mereka. Kegiatan ditutup pada 20 September 2023 pukul 11:30 WIB.

 

(PW)