PkM dan kerjasama Pendidikan Matematika FMIPA UNY bersama MGMP Matematika SMP Kabupaten Gunung Kidul

Dosen tidak dapat dilepaskan dari kewajiban pengabdian kepada masyarakat. Kamis, 14 September 2023, tim PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) yang dipimpin oleh Dr. Syukrul Hamdi, M.Pd., melakukan pengabdian sekaligus kerjasama dengan MGMP Matematika SMP di Gunung Kidul. Tema yang diangkat yakni “Pelatihan Penyusunan Instrumen Penelitian Untuk Guru Matematika SMP Di Kabupaten Gunung Kidul”.

Pelatihan ini dibuka oleh Bapak Prof. Dr. Sugiman, M.Si. selaku Korprodi S2 dan S3 Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Selain itu, turut hadir juga ketua MGMP Matematika SMP Gunung Kidul yakni Bapak Sulistyana, M.Pd. serta Kepala Sekolah SMP N 1 Wonosari yakni Bapak Agus Maryanto, M.Pd. sebagai tuan rumah diadakannya pertemuan MGMP Matematika SMP Gunung Kidul.

Narasumber dalam workshop terdiri dari empat pakar, yakni Prof. Dr. Sugiman, M.Si., Dr. Ali Mahmudi, Dr. Syukrul Hamdi, Nila Maretta, S.Pd., M.Sc. Kegiatan dimulai sejak pukul 08:00 WIB dan berakhir pada pukul 12:30 WIB. Setiap narasumber memberikan materi yang saling berkaitan guna meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun instrumen penelitian. Selain instrumen, juga dipaparkan bagaimana menyusun rubrik penilaiannya. Secara lebih mendetail, Dr. Syukrul Hamdi, S.Pd., M.Pd., memberikan materi Instrumen penelitian dalam penelitian Pendidikan serta bagaimana menentukan kualitas instrumen penelitian. Nila Maretta, M.Sc., menjabarkan terkait bagaimana cara menyusun instrumen aspek afektif. Dr. Ali Mahmudi, M.Pd. memberikan pelatihan bagaimana cara menyusun instrumen tes matematika level HOTS. Prof. Dr. Sugiman, M.Si. menjabarkan tentang penyusunan instrumen tes pemecahan masalah matematika SMP disertai rubrik penilaian.

Turut serta juga 2 mahasiswa Magister dan 3 mahasiswa Doktoral dalam kegiatan pengabdian ini. Kegiatan berlangsung interaktif dan juga memunculkan keinginan peserta workshop untuk bertanya. Waktu yang cukup leluasa menjadikan narasumber dapat mengajak diskusi peserta workshop secara lebih mendalam dan memuaskan. Total workshop yang diberikan berdurasi sebesar 32 Jam Pertemuan. Hal tersebut termasuk teori dan juga praktikum. Pelatihan pembuatan instrumen ini diikuti lebih dari 25 guru matematika dari kabupaten Gunung Kidul (PW)