PKM bersama MGMP Matematika SMA Sleman

Program Studi Jurusan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta kembali melaksanakan PKM (Program Pengabdian Masyarakat) pada hari Kamis, 14 September 2023. Kegiatan ini berlangsung di SMA Kolase De Britto dengan serangkaian kegiatan yaitu melakukan pengabdian dan kolaborasi bersama dengan MGMP Matematika Kabupaten Sleman.

Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan oleh FX. Catur Supatmono, S.Pd., M.Pd., selaku Kepala Sekolah SMA Kolase De Britto. Beliau memberikan sambutan hangat sekaligus memperkenalkan karakteristik sekolah SMA Kolase De Britto. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi pelatihan oleh narasumber yaitu Dr. Ali Mahmudi, M.Pd. Beliau memberikan materi bertema paparan kurikulum literasi dan numerasi serta menjabarkan secara rinci penjelasan tentang kurikulum merdeka belajar. Selain itu beliau menjelaskan komponen literasi numerasi level besar, serta memberikan contoh soal-soal literasi dan numerasi. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 13.00 WIB dan berakhir pada pukul 16.00 WIB.

Turut hadir dalam kegiatan ini dosen-dosen Pendidikan Matematika FMIPA UNY yang tergabung dalam research group, di antaranya adalah Prof. Dr. Sugiman, M.Si., Endah Retnowati, S.Pd., M.Ed., Ph.D., Dr. Ali Mahmudi, M.Pd., Dr. Kuswari Hernawati, S.Si., M.Kom., Dr. Sri Andayani, M.Si. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri serta ketua MGMP  Matematika Kabupaten Sleman, Raden Anang Mustofa, S.Pd., M.Pd., dan anggota MGMP Kabupaten Sleman.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh 16 mahasiswa magang dari Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Mereka turut berkontribusi dengan mempresentasikan pengembangan instrumen dalam liveworksheet kepada kelompok-kelompok yang telah dibagi. Peserta pelatihan yang secara aktif mengajukan pertanyaan-pertanyaan menjadikan kegiatan ini berlangsung dengan sangat interaktif. Waktu yang fleksibel membuat narasumber dan seluruh peserta dapat berdiskusi dengan lebih rinci dan memuaskan.

_(TS)_