Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) Pendidikan Matematika UNY Bersama MGMP Matematika Kabupaten SMA Sleman

Departemen Pendidikan Matematika FMIPA melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan peserta yaitu guru-guru matematika dari anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika Kabupaten Sleman. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 3 Agustus 2023 dengan judul “Modul Ajar dan Media Digital Berorientasi pada Kemampuan Literasi sebagai Pengembangan TPACK Guru Matematika SMA Sleman” yang di hadiri oleh 30 guru dan 16 mahasiswa pendamping.

Kegiatan ini diawali dengan penyampaian materi mengenai teori Pendidikan matematika sebagai landasan dalam pengembangan modul ajar numerasi oleh Prof. Dr. Sugiman, M.Si. Materi selanjutnya mengenai pengenalan tools yang bisa digunakan untuk membuat media digital oleh Dr. Sri Andayani, S.Si., M.Kom.

Setelah pemaparan materi, diberikan juga workshop pembuatan media digital liveworksheet.com dan Quizizz yang dibimbing oleh Bambang Sumarno, M.Kom dan Dr. Kuswari Hernawati, S.Si., M.Kom. Sebanyak 5 mahasiwa S2 pun turut mendampingi pembicara untuk membantu progress workshop.

Kegiatan ini dilaksanakan di Lab IDB pendidikan  matematika UNY yang memiliki kapasitas sebesar 42 perangkat komputer. Guru diharapkan untuk dapat memiliki pengalaman langsung dan tidak hanya berupa wawasan teori. Setelah kegiatan selesai, dilanjutkan dengan guru secara mandiri membuat media dengan materi yang dipilih dengan dipandu oleh tim mahasiswa. Melalui adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menambah wawasan guru MGMP matematika Kabupaten Sleman sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang berpengaruh pada prestasi siswa terutama untuk meningkatan kemampuan numerasi.

(IZ)