Meningkatkan Kualitas Pendidikan: Program Praktisi Mengajar dan PPG Prajabatan Berkolaborasi di FMIPA UNY

Program praktisi mengajar adalah sebuah program yang bertujuan untuk menghubungkan para praktisi atau ahli di bidang tertentu dengan dunia pendidikan. Dalam program ini, para praktisi akan diundang untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan yang mereka miliki kepada siswa atau mahasiswa di lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam dan praktis mengenai bidang yang mereka geluti. Dengan adanya program ini, diharapkan para siswa atau mahasiswa dapat memperoleh wawasan yang lebih luas dan mendalam mengenai bidang yang mereka pelajari, serta dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai dunia kerja di bidang tersebut.

Kamis, 28 Desember 2023 dan 11 Januari 2024, FMIPA UNY mengadakan program praktisi mengajar dengan audiensinya adalah mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 dan Gelombang 2. Kegiatan ini merupakan kolaborasi dari 2 program yang menyongsong Indonesia emas 2045 yakni antara program praktisi mengajar dan program PPG Prajabatan. PPG Prajabatan adalah singkatan dari Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan. Program ini merupakan program pendidikan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk calon guru yang professional.  PPG Prajabatan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas calon guru dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai pendidik di sekolah-sekolah di Indonesia

Program praktisi ini menghadirkan 3 praktisi yakni Bapak Dr. Slamet Wijono (SMK N 2 Depok, Yogyakarta), Ibu Titin Sumarni, S. Pd. (SMP N 2 Turi, Yogyakarta), dan Ibu Titin Apriliati, M.Sc. (SMA N 2 Wonosari, Yogyakarta). Mereka bertiga dihadirkan sebagai praktisi dalam menyongsong visi kurikulum Merdeka yang menekankan pada penguatan pada keahlian dan keterampilan untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan di masa depan.

Kegiatan yang diadakan di Ruang PPG Laboratorium Pendidikan Matematika FMIPA UNY dimulai sejak 07:30 hingga 09:10 WIB. Praktisi mengajar dibagi menjadi 3 kelas di mana setiap kelas menyesuaikan keahlian dari praktisinya. Kolaborasi antara program praktisi dengan PPG Prajabatan dapat memberikan manfaat yang besar bagi calon guru yang sedang menjalani program PPG Prajabatan. Melalui kolaborasi ini, para calon guru dapat mendapatkan wawasan langsung dari para praktisi atau ahli di bidang pendidikan, sehingga mereka dapat memahami secara lebih mendalam tentang tuntutan dan realitas lapangan dalam dunia pendidikan. Para praktisi dapat berbagi pengalaman, strategi mengajar, dan tren terkini dalam dunia pendidikan yang mungkin tidak tercakup dalam kurikulum formal. Hal ini dapat membantu para calon guru untuk lebih siap dan relevan dalam menghadapi tantangan di lapangan. Selain itu, kolaborasi ini juga dapat membantu para calon guru untuk membangun jaringan dan koneksi yang bermanfaat di dunia pendidikan. Dengan demikian, kolaborasi antara program praktisi dengan PPG Prajabatan dapat memberikan kontribusi positif dalam mempersiapkan calon guru yang berkualitas dan siap menghadapi tuntutan profesi pendidikan.

 

(PW)