Efek-efek dalam Cognitive Load Theory "VP bersama Paul Ginns #3"

Kegiatan Visiting Professor (VP) Bersama Associate Professor Paul Ginns memasuki pertemuan ketiga. VP yang dilaksanakan tanggal 2 Mei 2023 menjelaskan tentang efek-efek didalam Cognitive Load Theory, terutama pengaruh urutan materi dalam pembelajaran. Perkuliahan dimulai pukul 07:30 WIB dan dilakukan secara online menggunakan platform zoom.  

Paul ginns memulai dengan penjelasan worked example effect dan completion problem. Siswa dengan prior knowledge atau kemampuan awal siswa  yang kurang, perlu difasilitasi dengan strategi worked example, dimana siswa mempelajari konsep dengan menggunakan contoh. Penggunaan contoh dalam pembelajaran, efektivitasnya semakin berkurang seiring dengan bertambahnya prior knowledge siswa. Artinya, siswa dengan prior knowledge yang tinggi tidak akan maksimal dalam belajar apabila belajar menggunakan contoh. Hal tersebut akan mengakibatkan expertise reversal effect. Lalu bagaimana bila siswa cukup memiliki prior knowledge, namun belum menguasai materi secara total? Paul ginns mejelaskan bahwa strategi completion problems dapat menjadi solusi dari masalah tersebut. 

Perkuliahan berjalan hingga pukul 09:00 WIB. Seperti pada pertemuan sebelumnya, banyak peserta terlihat antusias dan memberikan berbagai macam pertanyaan kepada narasumber. Paul Ginns memberikan jawaban yang dapat memuaskan rasa penasaran para audien.