Diseminasi Hasil Penelitian Literasi Matematika (Numerasi)

Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah tiga kewajiban yang terdapat di dalam perguruan tinggi. Salah satu kewajiban tersebut adalah pengabdian. Dalam rangka melaksanakan kewajiban pengabdian, Departemen Pendidikan Matematika FMIPA UNY mengadakan kegiatan PkM Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat. Kegiatan ini menyasar MGMP Matematika SMA Kabupaten Sleman. Kegiatan PkM ini dipimpin oleh Ibu Endah Retnowati, dosen Pendidikan Matematika MIPA UNY. Tema dari PkM adalah  Modul Ajar dan Media Digital Berorientasi pada Kemampuan Literasi sebagai Pengembangan TPACK Guru Matematika SMAN Sleman.

Kamis, 27 Juli 2023, sebuah seminar diadakan di SMA N 1 Ngaglik yang bertepatan dengan perkumpulan rutin MGMP Matematika SMA Kabupaten Sleman. Ibu Endah Retnowati, Ph.D memberikan seminar dengan judul “Diseminasi Hasil-Hasil Penelitian Literasi Matematika (Numerasi)".

Banyak praktisi mengajar yang salah paham bahwa literasi matematika itu berbeda dengan numerasi. Ibu Endah meluruskan kembali bahwasannya literasi matematika itu nama lainnya adalah numerasi. Beliau menjabarkan sejarah awal mula dua istilah tersebut. Selain itu, Ibu Endah Retnowati menjabarkan hasil hasil penelitian terkait dengan kemampuan numerasi yang sudah pernah dilakukan.

Agenda berikutnya yang merupakan lanjutan dari kegiatan hari ini dijadwalkan pada 3 Agustus 2023. Kegiatan tersebut rencana dilaksanakan di UNY. Selanjutnya guru akan diberikan materi pelatihan dalam pembuatan media pembelajaran digital untuk menjembatani siswa dalam menguasai kemampuan numerasi.

(IZ)