Praktisi Membanjiri Prodi Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika menghadirkan sepuluh praktisi pda tahun 2021 ini. Delapan praktisi mengajar mahasiswa dalam perkuliahan umum yang dikemas dalam enam webinar series, yang terlaksana pada bulan April sampai September. Dua praktisi mengajar langsung dalam kelas Bersama dosen pengampu mata kuliah.

Pertama, praktisi Ibu Laksmi Indrawati, S.Pd. mengajar di kelas mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Matematika yang diampu oleh Bapak Dr. Ali Mahmudi dan Bapak Dr. Syukrul Hamdi pada semester Gasal tahun akademik 2021/2022. Praktisi ini adalah guru matematika berprestasi dari SMP Negeri 1 Sleman. Melalui pelibatan praktisi ini, mahasiswa memeroleh contoh sekaligus gambaran praktis implementasi pembelajaran, mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan di kelas. Mahasiswa yang mengikuti proses perkuliahan berasal dari semester V yang terdiri atas mahasiswa UNY dan mahasiswa MBKM dari UNNES dan Universitas Patimura.

Kedua, praktisi Ibu Yuliana, M.Ed. mengajar di kelas mata kuliah Bahasa Inggris Pembelajaran Matematika yang diampu oleh Ibu Endah Retnowati, Ph.D. pada semester Gasal tahun akademik 2021/2022. Praktisi ini adalah pengajar Bahasa Inggris di Lembaga Bahasa di Universitas Atmajaya, Yogyakarta. Mahasiswa yang mengikuti perkuliahan ini sedang menempuh semester III dan sebelumnya telah lulus mata kuliah prasyarat, yaitu Bahasa Inggris. Mahasiswa Pendidikan Matematika diharapkan menjadi guru, pendidik, atau pengembang tidak hanya di tingkat nasional tetapi internasional. Penguasaan Bahasa Inggris khusus untuk konteks matematika tentu sangat diperlukan.

Pelibatan praktisi dalam perkuliahan akan terus dilaksanakan untuk menguatkan kompetensi lulusan dan kualitas metode perkuliahan. Berinteraksi dengan praktisi juga memberikan manfaat nyata implementasi kerja sama Prodi dengan dunia kerja pendidikan matematika. Semoga kegiatan ini juga dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pendidikan di Indonesia pada umumnya. (Tim-Sy)